Announcement Date : Apr 19 , 2015

Tahun ini merupakan tahun dimana Ungu menikmati kesuksesan dari single mereka di tahun sebelumnya. Panggilan dari berbagai tempat diseluruh nusantara, kepopuleran personil yang semakin menanjak, hingga mereka mulai dipercaya oleh berbagai produk komersil untuk menjadi perwakilan produk/brand ambassador dari beberapa produk ternama.

 

Tahun ini memang benar-benar menjadi berkah buat semua personil Ungu. Sukses di dalam negeri, ternyata tidak dapat diabaikan oleh para label rekaman di negeri tetangga. Tercatat ada 4 label besar di Malaysia yang memperebutkan hak untuk mengedarkan album Ungu di negeri Jiran tersebut. Pun juga di negara rumpun Melayu lainnya seperti Singapura, dimana lagu-lagu Ungu sangat disukai oleh para warga Melayu di negara-negara tersebut.

 

Ditengah segala kesuksesan mereka, Ungu tak pernah lupa untuk berkarya dan mengucap syukur. Sebagai salah satu bentuk perwujudan mereka akan hal itu, tahun 2005 Ungu mengeluarkan album mini single religi yang berjudul SURGAMU. Pada zaman itu belum lazim sebuah band merils lagu religi ciptaannya sendiri. Band-band yang ada saat itu umumnya menyanyikan ulang lagu Ramadhan yang udah ada. Ungu melihat hal ini sebagai kesempatan dan memberanikan diri untuk memperkenalkan lagu-lagu Religi buatan mereka sendiri.

 

Album inipun hanya berisi 5 lagu dan 5 versi karaoke/minus one dan hanya direncanakan untuk dikeluarkan secara kecil-kecilan saja. Namun tanpa disangka, album ini menjadi hits di pasaran dan meraih Platinum Awards untuk penjualan diatas 150.000 keping dalam waktu 1 minggu saja dan 750.000 keping (Multi Platinum Awards) hanya dalam waktu 1 bulan saja. Single ANDAI KU TAHU menjadi lagu tema untuk setiap acara Ramadhan hingga ke pelosok Nusantara dan bahkan hingga hari ini lagu tersebut senantiasa selalu terdengar menjelang bulan suci Ramadhan. Ungu akhirnya dianggap sebagai trendsetter lagu religi dan sejak saat itu, tiap tahun hampir semua band merelease album religi.